Kamis, 27 Oktober 2016

Hari Santri, Sejarah dan Perjuangan Panjang Ulama Santri - Part 1


Part 1 : Sejarah pondok pesantren
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang masih eksis hingga saat ini. Keberadaan pesantren diperkirakan tersebar di berbagai tempat semenjak meluasnya dakwah wali songo pada abad ke-15. Seiring dengan munculnya kerajaan-kerajaan islam di tanah jawa yang sedikit demi sedikit mulai mengambil alih pengaruh kekuatan Hindu-Budha. Proses peralihan kekuasaan dari Majapahit ke Mataram menjadi faktor determinan dalam proses Islamisasi Jawa.
Awal mula adanya pondok pesantren ketika salah seorang perantau datang dari jauh untuk menimba ilmu pada seorang kiai di daerah yang terkenal ilmu agama Islamnya. Akhirnya santri tersebut tinggal di rumah kiai yang menerimanya menjadi santri. Kemudian santri tersebut mendapatkan ilmu dari kiai. Dan timbal baliknya santri membantu kiai seperti mencari kayu bakar, bercocok tanam, menggembala kambing dan lain sebagainya.
Satu persatu santri berdatangan, sampai rumah kiai tidak mampu menampung jumlah santri yang terus bertambah. Akhirnya dibangunlah pondok-pondok kecil di sekitar rumah kiai yang kemudian berubah menjadi lembaga pendidikan yang disebut pondok pesantren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar